Find us on Google Plus

header ads

ACT Malang - Pabrik Costume Player dari Malang

SEIRING makin seringnya pameran komik, animasi, game dan toy yang diselenggarakan belakangan ini, semakin sering pula kita melihat sebuah kegiatan yang mengiringi pameranpameran tersebut. Kegiatan yang sangat menarik tersebut melibatkan banyak karakter fantasy yang sering kita lihat di film, game dan komik.

Images courtesy of ACT Malang 
Orang menyebut kegiatan tersebut dengan Cosplay, atau Costum Player. Seringnya acara cosplay diselenggarakan membuat orang-orang kreatif yang membuat kostum-kostum tersebut makin banyak bermunculan, salah satunya adalah sebuah tim bernama ACT Malang, sebuah workshop kostum dari Malang yang telah banyak ‘melahirkan’ jagoan-jagoan dari seluruh dunia.

Berikut percakapan dengan salah satu anggota ACT Malang bernama Magisterian Zona Pahlevi atau biasa dipanggil Avi, mengenai workshop kostum yang mereka bentuk.

Act Malang itu apa sih sebetulnyanya? 
Act Malang adalah singkatan dari Action Cosplay Team Malang. Kita adalah tim cosplay. Cosplay adalah sebuah permainan kostum, jadi di sini kita memerankan sebuah karakter dari tokohtokoh yang kita perankan, misal menjadi Satria Baja Hitam, Naruto, atau pun karakter original ciptaan sndiri

Sejak kapan berdirinya? 
Kita berdiri tepatnya tahun 2008, sekitar bulan Mei.

ACT Malang. Images courtesy of ACT Malang 

Kok bisa kepikiran bikin workshop cosplay, awalnya bagaimana? 
Awalnya kita tim cosplay, suka ikut di eventevent cosplay. Terus lama-lama kita sering mendapat tawaran untuk show kabaret, akhirnya kita sering show di beberapa acara seperti acara ultah, toysfair, sampai launching produk kendaraan bermotor. Setelah sekian lama ngejalanin itu, suatu saat kita pernah dapat tawaran show, tapi kita kebetulan tidak bisa hadir dikarenakan ada urusan masing-masing. Akhirnya pihak event berniat menyewa kostum kita tapi beberapa ada yang minta dibuatkan kostum. Mulai dari situ kita mencoba membikin workshop kostum. Akhirnya kita mendirikan studio kecil-kecilan yang kita namai ACT Studio. Aktivitasnya meliputi melayani jasa pembuatan kostum. Di kala waktu senggang kita juga sempat bikin film-film indie, sudah tercatat ada 2 film yaitu “Gundam Battle Cosplay” sebuah film parodi dan “Satria Garuda”.

Kalau kostum superhero terkenal siapa saja yang pernah dibuat? 
Kostum superhero terkenal yang sudah pernah dikerjakan, Iron Man, Kamen Rider, Power Rangers, Ghost Rider, Spawn, Venom, Predator.

Untuk pengerjaan satu kostum biasanya berapa lama? 
Satu kostum rata-rata 2 minggu sampai 1 bulan, tergantung tingkat kesulitan dan antrian.

Bahan yang paling banyak digunakan apa? 
Bahan yang paling banyak digunakan adalah busa hati, karena harga masih terjangkau oleh konsumen.

Teknis pembuatannya bagaimana, apa harus mengukur badan si pemesannya dulu? 
Teknis pembuatan, alurnya begini, kosumen kontak kita, kita kasih harga, deal, terus kita kirim form ukuran ke konsumen kalau deal, konsumen DP 50% dari harga untuk bahanbahan.

Jadi untuk sekarang ini, ACT Malang itu sudah jadi seperti perusahaan profesional dimana semua anggotanya sudah fokus bekerja di situ, atau masih sambilan dan anggotaanggotanya punya professi berbeda? 
Saat ini ACT studio sudah seperti home industri, cuma kita hanya jasa, dan tidak memproduksi masaal sebuah kostum. Masing-masing sudah beprofesi penuh d bidang ini.

Harga kostum yang pernah dibuat bisa seharga berapa? 
Harga kostum bervariasi, tergantung tingkat kesulitan. Mulai dari 1,5 juta, 2 juta, sampai 5 jutaan.

Ada Kostum yang menggunakan bahan fiberglass atau resin? Misal untuk helm atau topeng? Kebanyakan bahan dari busa hati. Resin lebih susah dan butuh proses lama. Kelebihan resin, tekstur lebih halus, bentuk bisa akurat, display lebih bagus. Kekurangannya, keras dan bisa pecah kalau jatuh, ukuran all size, tidak bisa disesuaikan.

Suka ada pesanan kostum untuk produksi iklan / TVC, atau layar lebar? 
Kebanyakan pesanan kostum dari cosplayer atau kolektor.

Pengetahuan membuat kostum didapat dari mana? 
Pengetahuan pembuatan kostum didapat dari internet dan eksperimen sendiri.

Kalau peralatan yang digunakan, ada alat khusus atau alat standar aja?
Peralatan kita bikin sendiri.

Apakah pernah ikut kompetisi atau festival? Apa pernah dapat juara/penghargaan? 
Kalau penghargaan dulu pas kita sering ikut lomba cosplay sering dapet juara baik personil atau kelompok tapi kita lebih sering diundang untuk show sampai sekarang.

Boleh tau alamat workshopnya. Alamat workshop di Malang, Perum Buring Indah Regency.

Personil ACT Malang:
1. Mochamad Amin
2. Ars Ramdha
3. M.Fuad Nasvian
4. Ali prasetya
5. Magisterian Z.P
6. Hendrik Reskiawan
7. Taufiq Rochman
8. M.Minan Idris

Artikel dan interview oleh: Fitra Sunandar
(Dilarang menyadur/mengutip/mempublikasi ulang tanpa mencantumkan sumber dan nama penulis)

Post a Comment

0 Comments